Gejala Asma Bisa Kambuh Karena Cuaca Dingin. Bagaimana Mengatasinya?

Gejala Asma Bisa Kambuh Karena Cuaca Dingin. Bagaimana Mengatasinya?
| | 0 Comments

Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran nafas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan napas terasa berat.

Ada dua tujuan dalam pengobatan penyakit asma, yaitu meredakan gejala dan mencegah gejala kambuh.

Untuk mendukung tujuan tersebut, diperlukan rencana pengobatan dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi pasien.

Rencana pengobatan meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan.

Penting bagi pasien untuk mengenali hal-hal yang dapat memicu asma mereka agar dapat menghindarinya. Jika gejala asma muncul, obat yang umum direkomendasikan adalah inhaler pereda.

Cara Mencegah Gejala Asma Karena Cuaca Dingin

Gejala Asma Bisa Kambuh Karena Cuaca Dingin. Bagaimana Mengatasinya?

Bagi penderita asma, cuaca atau udara yang dingin bisa menjadi petaka. Gejala asma bisa saja kambuh karena adanya paparan udara dingin.

Udara dingin umumnya mengandung kelembaban yang lebih sedikit dan bisa membuat paru-paru berkontraksi.

Akibatnya, saluran udara bisa menegang dan memicu serangan asma, yang juga bisa melibatkan batuk.

Udara dingin juga bisa memicu nyeri dada pada penderita asma. Tak jarang, gejala semacam itu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Langkah pertama untuk mengatasi serangan asma akibat udara dingin adalah melakukan pencegahan.

Selain rutin mengonsumsi obat yang diberikan dokter, pastikan kita tetap berada di dalam ruangan yang hangat selama cuaca dingin.

Selain itu, kita juga bisa melakukan langkah berikut ini:

1.Perbanyak Minum Air Putih Saat Cuaca Dingin

Perbanyak Minum Air Putih Saat Cuaca Dingin

Memperbanyak minum air putih membantu lendir di paru-paru tidak menggumpal dan mudah dikeluarkan oleh tubuh.

2.Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit

Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit

Orang yang sakit bisa saja membawa virus atau bakteri yang meningkatkan risiko kita mengalami gejala asma.

3.Lakukan Vaksin Flu

Lakukan Vaksin Flu

Vaksin flu sangat penting dilakukan menjelang cuaca dingin untuk menghindari infeksi influenza. Pasalnya, infeksi flu juga bisa memicu seragan asma.

4.Jaga kebersihan rumah

Jaga kebersihan rumah

Menjaga kebersihan rumah sangat penting agar tidak ada debu atau allergen yang bisa memicu gejala asma. Cara terbaik mencegah gejala asma yang kabuh saat cuaca dingin adalah menghindari aktivitas di luar ruangan.

Jika terpaksa beraktivitas di luar, gunakan pakaian yang hangat seperti syal, topi, dan jaket. Jangan lupa juga kenakan penutup hidung dan mulut agar saluran pernapasan tidak terpapar udara dingin.

Selain langkah tersebut, kita juga harus menggunakan inhaler 15 sampai 30 menit sebelum beraktivitas di tengah dinginnya cuaca.

Cara ini berfungsi untuk membuka salurah udara agar mempermudah pernapasan. Usahakan agar tak boleh lupa membawa inhaler untuk berjaga-jaga kambuhnya serangan asma mendadak.

Selain itu, lakukan pemanasan 10 – 15 menit sebelum melakukan aktivitas fisik di saat cuaca sedang dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *