11 Agustus 2020, Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim

| | 0 Comments

Berdasarkan prakiraan cuaca di Jakarta Selasa 11 Agustus 2020, siang nanti, hujan ringan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah berawan dan Jakarta Pusat berawan.

Sebaliknya, pada prakiraan cuaca di Jakarta Selasa 11 Agustus 2020 malam nanti, seluruh wilayah Jakarta diprediksi cerah berawan kecuali Jakbar dan Jaksel hujan ringan.

Begitupun pada prakiraan cuaca di Jakarta Selasa 11 Agustus 2020 dini hari nanti, seluruh wilayah Jakarta diprediksi cerah berawan.

Prakiraan Cuaca 11 Agustus 2020

Pihak BMKG pada prakiraan cuaca di Jakarta Selasa 11 Agustus 2020 tidak menyampaikan peringatan dini potensi hujan disertai angin kencang di wilayah Jakarta.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaksel dan Jaktim pada sore dan jelang malam hari,” tulis BMKG dalam situsnya.

Secara keseluruhan dari prakiraan cuaca di Jakarta Selasa 11 Agustus 2020, rentang suhu udara Jakarta berkisar 24-31 derajat Celsius.

Sementara itu prakiraan cuaca di Bodetabek Selasa 11 Agustus 2020 siang nanti, hujan ringan terjadi di Bogor, hujan sedang di Tangerang, sedangkan Depok dan Bekasi diprediksi berawan.

Begitupun pada prakiraan cuaca di Bodetabek Selasa 11 Agustus 2020 malam nanti, hujan sedang terjadi di Bogor dan Depok, hujan ringan di Bekasi, sedangkan Tangerang diprediksi berawan.

Sebaliknya pada prakiraan cuaca di Bodetabek Selasa 11 Agustus 2020 dini hari nanti, cuaca berawan terjadi di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pihak BMKG pada perkiraan cuaca hari ini menyampaikan peringatan dini potensi hujan disertai angina dan petir di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi.

“Waspada potensi terjadinya hujan bersifat lokal yang dapat disertai kilat/petir antara sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Bekasi,” tulis BMKG pada situsnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca di Bodetabek Selasa 11 Agustus 2020, suhu udara di Bogor 22-32 derajat Celsius, Depok 23-32 derajat Celsius, Tangerang 24-32 derajat Celsius, dan Bekasi 23-33 derajat Celsius.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 54 titik genangan yang terjadi di wilayah setempat akibat curah hujan tinggi, Jumat 24 Januari 2020 siang. Titik genangan paling banyak berada di wilayah Jakarta Utara sebanyak 28 titik.

Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo mengatakan, ketinggian air bervariasi dari 10 sentimeter hingga 70 sentimeter.

Genangan air yang paling tinggi terjadi di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Cawangm Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur tepatnya di depan Park Hotel Cawang.

“Di sana ketinggian airnya dari pukul 10.20 mencapai 60-70 sentimeter,” kata Subejo kepada wartawan pada Jumat (24/1/2020) siang.

Menurutnya, genangan air yang melanda sejumlah ruas jalan raya ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi. Drainase yang ada tidak mampu menampung tingginya debit air hujan, sehingga air meluap ke jalan-jalan.

“Pompa portable dan petugas kami kerahkan di titik-titik tersebut untuk mempercepat penyusutan genangan,” ujarnya.

KETUA RT 08/010, Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kristanto, mengeluh akibat tak berfungsinya alat informasi peringatan banjir atau Disaster Warning System (DWS).

Alat itu tidak berfungsi saat banjir jakarta melanda pada tahun baru. Ia mengatakan, alat peringatan berbentuk TOA yang terpasang sejak Agustus 2019 itu sempat berfungsi saat banjir melanda Oktober 2019 silam.

Namun, saat banjir besar melanda lingkungannya di awal Tahun 2020, alat tersebut seakan rusak dan tak menginformasikan datangnya banjir kepada warga.

Hingga banjir tersebut berdampak akan 54 kepala keluarga dengan total 178 jiwa terpaksa mengungsi dan kehilangan harta benda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *