Jangan Sampai Indonesia Turun Salju! Ini Akibatnya

| | 0 Comments

Salju merupaka air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju yang terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih, dan seperti kristal lembut.

Pada suhu tertentu, salju bisa saja melelh dan menghilang. Proses saat salju berubah secara langsung ke dalam uap air tanpa mencair terlebih dahulu disebut menyublim. Proses lawannya disebut pengendapan.

Saat salju membeku, sering kali menjadi pecahan kecil yang disebut kepingan salju. Salju merupakan prasyarat untuk kegiatan olahraga musim dingin seperti ski dan kereta luncur.

Di dunia, salju biasa terjadi pada negeri beriklim subtropics dan sedang. Namun ada juga daerah tropis yang bersalju.

Apa Jadinya Jika Indonesia Turun Salju?

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tropis yang hanya bisa merasakan 2 musin, hujan dan kemarau.

Banyak orang Indonesia yang mungkin merasa iri dengan negara lain yang memiliki empat musim. Iri juga karena ingin menikmati indahnya musim semi atau membaut boneka salju saat musim dingin.

Berbicara mengenai musim salju, pernahkan kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika negara kita turun salju?

Hal ini sebenarnya bukan tak mungkin terjadi. Jangankan salju, beberapa waktu yang lalu banyak daerah di Indonesia yang dihujani oleh es batu dari langit.

Salju mungkin terjadi di Indonesia. Namun bukannya menyenangkan, munculnya salju mungkin menjadi semacam hal yang tak wajar dan biasanya sesuatu yang tak semestinya merupakan tanda bahwa sedang terjadi hal buruk.

Lalu, apa saja akibat yang akan terjadi jika di Indonesia turun salju?

1.Umur Bumi Sudah Tak Lama Lagi

Isu mengenai global warming atau pemanasan global yang semakin parah sudah bukan rahasia lagi. Hampir setiap hari para ilmuan memberikan informasi mengenai es di kutub yang mencaru atau perubahan iklim yang ekstrim di beberapa tempat di dunia.

Dan jika sampai ada kejadian bahwa sejumlah negara tropis seperti Indonesia mengalami fenomena hujan salju tentu saja ini bisa menjadi indikasi bahwa kasuspemanasan global sudah sangat parah.

Perubahan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia itu salah satunya merupakan efek dari rotasi dan revolusi bumi serta kondisi bumi.

Ketika negara tropis seperti Indonesia kedatangan salju, tentu saja ini menjadi kemungkinan bahwa umur planet ini semakin pendek dan kemungkinan buruk lainnya bisa terjadi.

2.Beberapa Daerah Indonesia Akan Kekurangan Air

Walaupun Indonesia merupakan negara kepulauan, namun masih ada beberapa daerah yang tidak memiliki banyak alternative sumber air.

Misalnya di beberapa daerah timur masih ada lokasi yang mengandalkan satu sumur air untuk persediaan masyarakat satu desa.

Bayangkan apa yang terjadi jika musim dingin datang. Sumur-sumur atau sumber air satu-satunya tersebut seketika akan membeku.

Jika ini terjadi, masyarakat tak bisa mencari persediaan air. Masalah ketersediaan air di daerah ini kemudian bisa menjadi hal yang besar.

Belum lagi juka musim dingin tadi berlangsung dalam waktu yang lama. Siapa yang bisa diandalkan untuk memberi air?

3.Banyak Masyarakat Menderita Hipotermia

Orang Indonesia selama ini terbiasa dengan cuaca panas sehingga persediaan pakaian hangat pasti sangat sedikit.

Saat turun salju, temperature cuaca akan turun drastic, banyak masyaralat yang tak bisa menghangatkan dirinya hingga akhirnya menderita hipotermia.

Itulah 3 akibat jika Indonesia turun salju. Bukannya menyenangkan, hal ini mungkin akan membawa bencana yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *