Cara Mudah Mengetahui Cuaca

| | 0 Comments

Prediksi cuaca merupakan memperkirakan keadaan atmosfer bumi pada masa mendatang untuk suatu tempat tertentu berdasarkan ilmu pengetahuan.

Cara memprediksi cuaca menjadi sangat penting karena mempengaruhi aktivitas kita setiap hari dan sangat penting bagi orang-orang seperti pilot, pelaut, dan petugas pemadam kebakaran untuk mengetahui cuaca apa yang mereka harapkan.

Memprediksi cuaca umumnya sangat diperlukan ketika akan membuat rencana kegiatan. Terlebih lagi jika kegiatan yang akan dilakukan akan dilaksanakan di luar ruangan.

Cara Mudah Memprediksi Cuaca

Orang yang ahli bertugas memprediksi cuaca adalah meteorology. Mereka menggunakan 3 hal utama untuk membantu mereka meprediksi cuaca apa yang sadang atau akan terjadi, yaitu pengamatan cuaca menggunakan alat tertentu, model atau simulasi komputer, dan pengalaman.

Namun, ternyata ada cara yang lebih mudah untuk kita meramal cuaca di sekitar kita. Mau tahu? Yuk simak di bawah.

1.Melihat Perilaku Hewan

Hewan memang dianggap peka dan bisa mengetahui berbagai tanda-tanda alam di sekitarnya dan memprediksi cuaca.

Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa dengan mengamati perilaku hewan, kita bisa mengetahui kemungkinan terjadinya suatu musibah atau bencana alam.

Beberapa binatang yang bisa membantu kita:

  • Katak : Binatang amfibi ini akan berbunyi lebih nyaring dan keras dari biasanya saat akan terjadi cuaca buruk, contohnya terjadi hujan badai di daerah tersebut.
  • Semut: Untuk mempersiapkan diri menghadapi datangnya cuaca buruk, semut akan membangun sarang mereka dengan perlindungan ekstra. Jadi jika semut membuat sarang yang lebih tinggi dari biasanyahal itu menjadi pertanda datangnya cuaca buruk.
  • Burung: Jika mereka terbang tinggi, maka cuacanya adalah cerah. Sebaliknya, jika kawanan burung terbang rendah maka cuaca sedang tidak bersahabat. Hal ini dikarenakan tekanan udara ketika cuaca buruk akan membuat mereka terasa sakit jika berada di ketinggian.
  • Lebah dan Kupu-Kupu: Ketika hari cerah biasanya kawanan lebah dan kupu-kupu akan beraktivitas di sekitar bunga. Ketika lebah-lebah dan kupu-kupu sedang tidak terlihat di sekitar bunga, berarti mereka memperkirakan bahwa cuaca sedang tidak baik dan akan terjadi angin kencang.
  • Sapi: jika para sapi merasakan akan terjadi cuaca yang buruk, mereka akan terlihat gelisah dan menggoyang-goyangkan ekor mereka untuk mengusir lalat, atau duduk di padang rumput yang kering untuk bisa menyelematkan diri ketika cuaca buruk terjadi.

2.Rasakan Arah Angin

Jika tidak bisa merasakan arah angina, lemparlah sehelai atau beberapa rumput ke udara dan lihatlah bagaimana rumput itu terjatuh.

Jika tertiup ke timur, artinya gelombang udara mendekat. Jika ke barat menunjukkan cuaca yang bagus.

Angin yang kencang menunjukkan perbedaan tekanan yang besar, di mana hal tersebut bisa menjadi tanda gelombang badai yang datangnya lebih awal.

3.Amati Embun di Rumput Pada Pagi Hari

Jika rumput kering, mereka menunjukkan bahwa awan dan angin kencang akan datang, artinya akan terjadi hujan.

Jika terdapat embun, kemungkinan tidak akan hujan pada hari itu. Prediksi ini tak bisa digunakan di malam hari.

4.Hirup Nafas Yang Dalam

Cobalah tutup mata dan ciumlah bau dari udara di sekitar kamu. Karena tumbuhan mengeluarkan bau tertentu di saat tekanan udara sedang berbeda.

Tumbuhan di rawa akan mengeluarkan bau khas gas yang kurang sedap sebelum badai dikarenakan tekanan yang rendah.

Selanjutnya ada pepatah yang mengatakan “Bunga-bunga berbau wangi seketika sebelum hujan.” Bau udara akan terasa lebih kuat di dalam udara lemba yang bercampur dengan cuaca hujan.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui cuaca seperti apa yang akan datang di daerah kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *